Pages

Ads 468x60px

Labels

Senin, 15 Desember 2014

Pengalaman Penggalangan Dana di Kampus

Hari ini saya punya pengalaman kecil yg ingin saya bagikan kepada pembaca. Ketika saya punya anak kelak, saya pun akan menceritakan pengalaman kecil ini kepada anak saya bahwa kita harus peduli kepada sesama. Hehe ^u^ (berlebihan dikit)

Oke, kita mulai. Akhir-akhir ini, ada perbincangan hangat yang menjadi berita utama di berbagai media, yakni bencana longsor yang terjadi beberapa hari yg lalu di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan berita yang didapat, bencana tersebut menimbun ratusan rumah dan ratusan orang dinyatakan belum ditemukan. Kasihan. Kejadian bencana tersebut membuat beberapa orang mahasiswa di jurusan saya merasa iba.


Sebetulnya sudah ada usaha penggalangan donasi dari salah satu komunitas di kampus kami. Komunitas itu bernama SV (Social Volunteer). Komunitas relawan yang bergerak di bidang sosial kebencanaan tersebut membuka rekening bantuan dan posko pengunpulan pakaian layak pakai di ruang IKM lantai 3 kampus kami.

Kami menilai bahwa kita tidak perlu menunda untuk berbuat baik. Tak perlu menunggu komunitas SV datang ke kelas, baru warga kelas menyumbangkan donasi. Kita sebagai mahasiswa semester 7 harus menjadi pelopor perbuatan baik.

Secara spontan, beberapa orang yang siang ini tengah mengerjakan tugas kuliah di gazebo kampus pun tergerak untuk mengadakan aksi penggalangan dana saat ini juga. Sekali lagi, tak perlu menunggu komunitas SV datang ke kelas.

Sebuah kotak pensil dijaikan wadah untuk meletakan uang donasi. Aksi penggalangan dana dilakukan di Restspot kampus PSIK pada hari Senin, 15 Desember 2014, pukul 12.30-13.15.

Aksi yang dilakukan selama 45 menit tersebut berhasil menghimpun donasi sebesar Rp. 243.400 rupiah. Donasi tersebut didapatkan dari sekitar 35 orang.

Dana tersebut akan ditampung terlebih dahulu dan pada hari Rabu, 17 Desember 2014, barulah akan disalurkan melalui komunitas Relawan Sosial Keperawatan Undip.

Yaaa... Memang tidak seberapa banyak rupiah yg kami dapat. Namun, apabila inisiatif ini dilakukan oleh setiap kelas, atau setiap angkatan, atau setiap jurusan, atau setiap kampus, atau setiap wilayah, pasti akan terkumpul banyak juga.

Bayangkan kalau di semua tempat terdapat orang-orang yang sadar untuk berinisiatif. Tidak harus menunggu orang lain datang ke kelas kita kan?

Hokkeh... Terima kasih kepada para dermawan dan dermawati, mahasiswa angkatan 2011 (A11.1) dan 2012 yg sudah memberikan donasi siang tadi. Semoga dana yg terhimpun dapat bermanfaat bagi mereka dan amal baik kita daat diberikan balasan oleh Yang Maha Kuasa. Aamiin.

Yaaa... Itulah pengalamanku hari ini. Setidaknya mumpung ada kesempatan ngeblog. Ini saya ketik pake hape loh. Hehe. Inilah tulisan ketigaku di tahun 2014. Padahal tahun 2014 hampir selesai. Wkwkwk ^u^ salam kompak selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas apa yang sudah Anda tulis. :-)